Makalah Teknologi Terapan - Pemanas Air Tenaga Surya

MAKALAH
PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
PEMANAS AIR TENAGA SURYA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019


A.      PENGERTIAN TEKNOLOGI TERAPAN
Pernahkah anda mendengar tentang istilah teknologi terapan? ya begitu sering memang kita mendengan istilah teknologi terapan tersebut. Apalagi jika istilah teknologi terapan dipadukan dengan kata sederhana menjadi teknologi terapan sederhana. Teknologi terapan adalah teknologi yang fungsinya untuk menjembatani teknologi-teknologi hasil riset yang telah dibuat oleh para peneliti sehingga bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.
Adapun pengertian dari teknologi terapan sederhana adalah terknologi yang mampu diterapkan pada kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana sehingga mudah dilakukan oleh semua orang.
Contoh teknologi terapan sederhana bisa diterapkan pada berbagai lingkup ruang hidup manusia, misalnya saja ketika kita akan membuat rumah, kita bisa menggunakan istilah teknologi terapan ketika menerapkan sistem penggunaan bata ton (misalnya hebel) sebagai pengganti dari penggunaan batu bata dan semen. Hal ini dikarenakan penggunaannya akan menjadikan kita lebih mudah dalam mewujudkan sebuah tujuan utamanya yaitu membuat rumah dan tentungan dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

B.       DESKRIPSI PRODUK
Mungkin sebagian besar dari anda sudah tak asing dengan alat pemanas air listrik. Namun bagaimana dengan pemanas air tenaga surya? Ya, perlu anda ketahui bahwa kita bisa membuat pemanas air sendiri yang hemat listrik dan ramah lingkungan.
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa konsumsi listrik alat pemanas air tidaklah sedikit. Saat kita menggunakannya setiap hari tentunya biaya listrik bulanan yang akan kita bayar akan meningkat. Padahal di sekitar kita ada sumber energi gratis yang dapat digunakan untuk membuat alat pemanas listrik, yakni matahari.
Sistem pemanas tenaga surya (matahari) adalah bagian dari teknologi panas matahari, panas yang dihasilkan oleh energi matahari langsung digunakan untuk memanaskan lingkungan sekitarnya. Hal ini berkebalikan dengan teknologi surya fotovoltaik, yang mengambil manfaat dari foton sinar matahari untuk menghasilkan daya listrik. Keuntungannya, teknologi ini cukup praktis untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan panas rumah tangga. Panas matahari paling sering digunakan untuk memanaskan kolam renang, tetapi juga dapat digunakan untuk memanaskan udara dalam rumah.
Salah satu alat yang memanfaatkan energi tersebut adalah pemanas air tenaga matahari. Alat ini telah dicoba di beberapa tempat dan berhasil, baik dalam skala kecil (untuk rumah-rumah huni biasa) maupun skala besar (untuk rumah sakit). Memperoleh air panas dengan tenaga matahari memang belum lazim di sini. Tapi di luar negeri seperti misalnya di Amerika Serikat, Jepang, negara-negara Eropa, dan sebagainya bukan hal asing lagi; rakyatnya sudah banyak memanfaatkan alat pemanas air tenaga surya ini. Yang mendorongnya populer mungkin karena letak geografis negara-negara tersebut di mana air panas sangat penting untuk keperluan mandi misalnya.

C.      FUNGSI PRODUK
Fungsi dari sistem pemanas matahari adalah untuk mentransfer panas dari kolektor surya ke dalam tangki air konvensional. Air dingin atau cairan di dalam pipa bersirkulasi melewati kolektor surya dan dipanaskan. Cairan dapat mengalir secara pasif melalui sistem, atau dapat dipompa secara aktif. Setelah kembali ke tangki, air panas dapat digunakan untuk kebutuhan manusia.



D.      GAMBAR PRODUK

Pemanas Air Tenaga Surya

E.       ALAT & BAHAN
·         Bahan dan alat yang dipersiapakan seperti:
·         Galon
·         Pipa Paralon
·         Selang
·         Sambungan T
·         Silicone Rubber
·         Aluminium Foil
·         Papan atau Pelat Besi

F.       CARA PEMBUUATAN
Alat pemanas air tenaga surya ini dibuat menggunakan selang yang disusun secara zigzag di atas papan. Penyusunan tersebut dilakukan agar energi panas yang diterima oleh selang bisa menyebar secara merata dan air panas yang dihasilkan juga maksimal. Berikut adalah gambaran susunan dari alat pemanas air tenaga surya.
Berikut langkah-langkah pembuatan pemanas listrik tenaga surya:
1.      Pertama-tama buat lubang pada galon bagian atas dan bawah seukuran selang
2.      Setelah itu pasang pipa paralon dan sambungan T pada lubang bagian bawah serta sambung dengan selang
3.      Jangan lupa rekatkan dengan menggunakan Silicone Rubber agar tidak bocor
4.      Selanjutnya bungkus semua permukaan galon dengan aluminium foil agar air panas dapat bertahan lebih lama
5.      Atur selang sehingga memiliki alur zig zag di atas papan atau pelat besi
6.      Masukkan ujung selang ke lubang galon bagian atas, dan rekatkan dengan Silicone Rubber di bagian atas
7.      Taruh galon di tempat yang dekat dengan kamar mandi
8.      Sedangkan media papan selangnya letakkan di atap rumah yang terkena cahaya matahari langsung
9.      Terakhir aliri air secara perlahan hingga seluruh selang dan galon terisi air penuh
10.  Air dalam galon dan selang akan berubah menjadi air panas bersuhu 50 derajat celcius dalam waktu 5 hingga 6 jam tergantung kondisi panas cuaca

G.      CARA KERJA
Saat air didalam panel kolektor mengalami pemanasan, air akan bergerak ke sisi atas dan masuk kedalam tangka tamping. Sedangkan pada waktu yang bersamaan, air tangka bersuhu rendah akan terdorong ke dalam panel kolektor.
Siklus ini akan berulang terus menerus selama memanaskan air. Pergerakan ini terjadi secara alami karena adanya perbedaan suhu air. Namun demikian, terdapat aturan pemasangan yang diterapkan oleh setiap pabrik pembuatnya agar prinsip kerja tersebut dapat berjalan tanpa bantuan pompa luar.

H.      K3
          Sebenarnya tidak ada pengamanan khusus yang dibutuhkan dalam pembuata alat tersebut, hanya saja perlu berhati - hati dalam pengunaannya.

I.         PERAWATAN
          Alat pemanas air tenaga surya ini diperlukan perawatan agar panel kolektor tersebut dapat bekerja maksimal sehingga panas yang dihasilkan sesuai apa yang diharapkan. Tidak hanya itu tangki atau gallon yang dibuat untuk penampungan air harus dibersihkan secara berkala agar air didalamnya dapat steril dan bebas dari kotoran,

J.        KESIMPULAN
Teknologi Terapan merupakan teknologi yang telah ada dan berkembang di masyarakat. Sebelum menggunakan teknologi tepat guna ada baiknya kita menentukan fungsi dan manfaat dari teknologi tepat guna agar sesuai dengan kebutuhan yang akan dipenuhi. Sehingga penggunaan teknologi tersebut dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal. sistem pemanas matahari adalah untuk mentransfer panas dari kolektor surya ke dalam tangki air konvensional. Air dingin atau cairan di dalam pipa bersirkulasi melewati kolektor surya dan dipanaskan. Cairan dapat mengalir secara pasif melalui sistem, atau dapat dipompa secara aktif. Setelah kembali ke tangki, air panas dapat digunakan untuk kebutuhan manusia.

K.      DAFTAR PUSTAKA
http://www.indoenergi.com/2013/06/cara-kerja-pemanas-tenaga-surya.html
http://belajarelektronika.net/cara-membuat-pemanas-air-tenaga-surya/



MAKALAH
PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
PEMANAS AIR TENAGA SURYA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019



SMA Negeri 2 Brebes


Disusun Oleh :
Nama          : Mohamad Nur Faizi
No               : 23
Kelas           : XII MIPA 1


PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BREBES
Jln. Jendral A. Yani 77, telp. (0283) 671060 Brebes 52212







Post a Comment

4 Comments

  1. Ijin copy buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  2. Rapi tulisanya.. keren

    ReplyDelete
  3. izin copy kk buat tugas sekolah, saya cantumkan sumbernya

    ReplyDelete