ESSAY PEMUDA ISLAM DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0


Pemuda adalah generasi penerus bangsa, untuk menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan berakhlak mulia serta memiliki kemampua yang lebih, pemuda perlu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendalami agama islam, tidak hanya itu pemuda harus mengasaah terus kelebihan yang dimilikinya, bila dating cobaan ataupun gagal dalam suatu hal, ia harus tetap mencoba dan berusaha dengan sungguh - sungguh, karena masa muda mereka adalah pondasi yang harus lebih dulu di bangun supaya kelak di masa yang akan dating dapat berguna bagi bangsa dan negara.


Pemuda Islam, Revolusi Industri


Dewasa ini ada tantangan yang harus dihadapi para generasi muda atau pun semua orang ora yang hidup di zaman sekarang adalah tantangan global, Revolusi Industri 4.0. Era baru industry 4.0 yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, membuka tantangan baru bagi para pemuda, terutama pemuda islam, sebab pemuda merupakan ujung tombak suatu keberlanjutan islam dinegeri ini.

Revolusi Industri 4.0 merupakan konsep penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan layanan konsumen. Perkembangan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Inovasi, teknologi diharapkan dapat menjadi jawaban untuk membuat hidup manusia menjadi lebih baik.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Dalam surat Al Hujurat ayat 13 Allah berfirman : "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".

Ayat ini menggambarkan tentang globalisasi dan mendorong manusia khususnya umat Islam harus mampu menghadapi percaturan global, harus dapat menangkap peluang dan menghadapi tantangan abad 21. Perubahan dan perkembangan berjalan terus begitu cepat dan kini telah muncul sebuah era revolusi industri 4.0.

Revolusi Industri 4.0 sebuah keniscayaan yang mesti harus dihadapi oleh umat Islam. Karakteristik revolusi industri 4.0 yang mesti harus dipahami bagi kita semua adalah : 1). munculnya inovasi disruptif (disruptive innovation) adalah inovasi yang memunculkan kondisi baru yang kadang tidak banyak yang bisa menduga, mengganggu atau merusak kondisi yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu yang sudah mapan.

Sebuah harapan besar kepada pemuda islam di Era Revolusi Industri 4.0 dengan tetap berpegang teguh pada pedoman agam islam. Urusan Takdir sepenuhnya milik Allah.  Jika Allah berkehendak atas segala sesuatu,  maka tidak ada yang bisa menghalangi Nya.  Jika Allah tidak berkehendak,  maka tak ada yang bisa mengalahkan Nya. Dekati Allah dengan terus berdoa dan berdoa.

Post a Comment

0 Comments