Makalah
Fungsi-Fungsi
Manajamen POAC Perusahaan
IKEA
Nama Anggota:
1. Adelia
Putri Yurista (1401194085)
2. Diana
Dayanti (1401194023)
3. Fakhira
Nendrawati S (1401194063)
4. Naifah
Nuraulia (1401194048)
5. Putri
Ellennasuhah (1401194003)
6. M.
Alif Maghriby (1401194010)
7. Mohamad
Nur Faizi (1401194047)
8. Dien
Yughni Akhmadi (1401194103)
Kelas: MB-43-03
TELKOM UNIVERSITY
BANDUNG
2019
Kata
Pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas
segala limpahan rahmat, taufik dan hidayah-NYA, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu dan tanpa kendala yang berarti.
Dalam proses penyusunan makalah ini penulis tidak dapat bekerja sendiri tanpa
dukungan dari pihak lain, untuk itu di kesempatan ini penulis menyampaikan
ucapan terima kasih kepada Yang Terhormat Ibu Riema selaku dosen mata kuliah Manajemen bisnis yang telah
memberikan kami tugas makalah ini dan memberikan pembelajaran untuk kami dalam
mata kuliah manajemen bisnis. Penulis
juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama teman-teman yang
telah meluangkan waktunya untuk bekerjasama menyelesaikan makalah ini sehingga
kami mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas kelompok dari
mata kuliah Manajemen Bisnis dengan judul “Fungsi – Fungsi Manajemen
POAC di Perusahaan IKEA”.
Penulis sadar
sepenuhnya bahwa penyusunaan makalah ini jauh dari kata sempurna, mengingat
penulis masih dalam tahap belajar sehingga masih banyak terdapat kekurangan,
maka penulis menerima kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan
tulisan-tulisan berikutnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca
sehingga dapat menambah pengetahuan kita.
Bandung, 4 September Mei 2019
Penulis
Daftar isi
Daftar isi.........................................................................................................................i
Kata Pengantar.............................................................................................................02
BAB I Pendahuluan.....................................................................................................04
1.1 Latar
belakang.................................................................................................04
1.2 Rumusan
masalah............................................................................................04
1.3. Tujuan
pembuatan makalah............................................................................04
BAB II Isi....................................................................................................................05
2.1
Cara kerja IKEA............................................................................................ 05
2.2
Kerja struktur IKEA.......................................................................................05
2.3
Produk rancangan
IKEA................................................................................06
2.4
Gaya management IKEA...............................................................................06
BAB III Penutup..........................................................................................................07
3.1Kesimpulan......................................................................................................07
Daftar Pustaka..............................................................................................................08
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
IKEA adalah
sebuah perusahaan yang berasal dari Swedia dan memproduksi berbagaiproduk, dan memiliki nama dan tempat dalam produk
furniture rumah tangga. Pada tahun2015,
terdapat 375 toko IKEA di 46 negara di berbagai belahan dunia dengan sekitar 30
lagiyang akan dibuka pada 2016.
Perusahaan ini didirikan oleh Ingvar Kamprad pada tahun 1943saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah
menjadi salah satu orang terkaya di dunia.IKEA adalah singkatan dari Ingvar Kamprad.Pada saat didirikan, IKEA menjual berbagai macam produk dengan
menggunakankhas Swedia. IKEA mulai
memproduksi furniture pada tahun 1947 dan IKEA mulaimerancang sendiri
pada 1955.Ikea juga memiliki visi yaitu, Menciptakan kehidupan
sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Ide bisnis Ikea adalah
menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah
yang fungsional dengan harga yang sangat rendah sehingga sebanyak mungkin orang
akan mampu membelinya.
1.2 Rumusan masalah
1. Bagaimana
Ikea cara kerja perusahaan?
2. Bagaimana
cara kerja stuktur organisasi ikea?
3. Bagaimana
Ikea mengarahkan produk rancangannya?
4. Bagaimana
Ikea mengontrol gaya management?
1.3 Tujuan
1. Untuk
mengetahui perencanaan perusahaan
2. Untuk
mengetahui pengorganisasian dalam perusahaan
3. Untuk
mengetahui pengarahan kinerja perusahaan
4. Untuk
mengetahui pengendalian sistem perusahaan
BAB
2
ISI
2.1
Pekerja IKEA disemua level didorong untuk mengambil
inisiatif dan melakukan kesalahan dianggap sebagai bahan diri ‘Learning by
Doing’. Manajemen tidak hanya berbagai informasi dengan pekerja tetapi, juga
berbagai pengetahuan dan keahlian IKEA. Mereka dapat mengekspresikan ide-ide
dan merasa bertanggung jawab dalam perbaikan dalam bekerja IKEA’s People.
2.2
Dimensi Budaya
Organisasi Perusahaan IKEA Uncertainty Avoidance dalam IKEA adalah memiliki
cenderung Low uncertainty avoidance, perusahaan atau organisasi ini memiliki
struktur organisasinya lebih sedikit aktivitas, sedikit aturan tertulis,
manajer lebih berani ambil resiko, dan tenaga kerja lebih ambisius. Organisasi
mendorong personel untuk menggunakan inisiatif mereka dan bertanggung jawab
atas apa yang mereka lakukan sendiri. Orang swedia tidak menunjukan emosi
ditempat kerja, terlihat kalem dalam berbagai situasi. Mereka tidak nyaman
dengan konflik tidak pernah menonjolkan diri, orang-orang yang sangat kuat
motivasi kerjanya. Masculine vs Feminin Kerja di IKEA dinilai lebih menganut
nilai-nilai feminin. Feminity adalah kondisi nilai penting dalam masyarakat meliputi
perhatian pada sesama dan kualitas hidup. Dalam bekerja IKEA cenderung
menempatkan pentingnya kerjasama, tempat kerja cenderung berkarakteristik,
rendahnya tingkat stress dan manajer memberikan mereka kebebasan dari lini atas
hingga lini bawah untuk mengambil keputusan sendiri dalam menjalankan tugas.
Selain itu IKEA juga menempatkan sistem kerja Learning by Doing dan tidak
informalitas.
2.3
Produk
rancangan IKEA yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA
adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas. Ada
beberapa model rancangan toko IKEA ialah,
Toko
IKEA membuat jalur yang mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh area
toko.
Merek
yang telah going internasional.
Model
bisnis yang unik dalam konstruksi
Sukses
telah diukir dari nilai harga arsitektur menawarkan kepada pelanggan
produk-produk inovatif dan fungsional tahun terakhir IKEA telah menunjukkan
penurunan dalam pertumbuhan penjualan. Sebuah penurunan dalam kondisi ekonomi
di pasar inti Eropa perusahaan telah memainkan peran yang cukup besar dalam
deselerasi. Faktor kunci dalam perlambatan adalah kurangnya arah strategis.
Dikendalikan oleh IKEA dari Swedia, strategi pemasaran diatr di seluruh dunia
dengan sedikir variasi dan ini menjadi faktor dalam penurunan pertumbuhan
penjualan Strength/ Kekuatan Weakness / Kelemahan.
2.4
Gaya
Manajemen IKEA dan Para Scandanivian ialah,
-
Informal
-
Terbuka
-
Penuh
perhatian
-
Kapasitas
untuk memimpin dan berinisiatif
-
Memiliki
kemampuan berkomunikasi
-
Memiliki
sikap kerja positif
-
Suka
Berpartisipasi
BAB
3
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Sebuah
perkembangan yang mantap dari bisnis ritel Ikea tampaknya menjadi fokus bagi
perusahaan dalam waktu dekat, dengan strategi tidak mungkin untuk memasukkan
ekspansi yang agresif ke wilayah baru, melainkan membangun dan mengembangkan di
tua. (Ikea Inggris, 2005) Namun, beberapa perubahan dapat dilihat dengan
perkembangan e-commerce, yang dalam jangka panjang, hal ini mungkin memiliki
efek merugikan pada pendapatan dari batu bata dan mortir toko Ikea, tetapi efek
positif pada omset untuk perusahaan secara keseluruhan, dan dengan demikian
adalah contoh utama bagaimana perusahaan menyelaraskan sendiri untuk mengatasi
ancaman kunci untuk toko tradisional. Konsumen mungkin menemukan belanja
internet lebih baik, karena reputasi Ikea berarti bahwa mereka sudah yakin akan
kualitas dan pengerjaan dari Ikea produk, yang bertentangan dengan keyakinan
sekarang dari Ikea bahwa pelanggan harus bisa merasakan dan memeriksa kualitas produk
sebelum membeli .
Ikea
juga telah menerapkan strategi ekspansi berbasis agresif selama beberapa tahun
terakhir, meskipun kelemahan pasar konsumen eksternal berarti bahwa pertumbuhan
penjualan selama beberapa tahun berikutnya harus tetap relatif sederhana.
Daftar
pustaka
v http://student.blog.dinus.ac.id/anggrayta98/2018/04/13/penerapan-e-bisnis-pada-pt-ikea/
v https://www.slideshare.net/chesterirc/ikea-presentation-58514470
v https://ristiyantihp25.wordpress.com/2015/10/26/4-fungsi-utama-dalam-manajemen-poac/
0 Comments