Soal Dan Jawaban Seputar Pendapatan Nasional



Pendapatan nasional/National Income adalah pendapatan yang diterima masyarakat suatu negara dalam  periode tertentu 

Pertanyaan Dan Jawaban Seputar Pendapatan Nasional, Soal Pendapatan Nasional, National Income, Ekonomi Makro


Berikut pertanyaan dan jawaban seputar Pendapatan Nasional/National Income
  • Apakah benar pendapatan nasional itu dapat mengukur kesejahteraan suatu negara? Lalu jika benar mengapa pendapatan nasional yang menjadi acuannya?

Nilai pendapatan nasional atau produk nasional merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan suatu negara, karena disini memperlihatkan seberapa besar kemampuan masyarakat suatu negara dalam memperoleh pendapatannya ataupun menghasilkan nilai produk nasionalnya.
Tingkat kesejahteraan suatu negara diukur dengan membagi nilai pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut, hal ini dinamakan income per capita
Contoh :
Indonesia income per capitanya sekitar US$4.000 (artinya pendapatan per orang per tahunnya sebesar US$4000).
Di Singapura income per capitanya sekitar US$50.000 (artinya pendapatan per orang per tahunnya sebesar US$50.000). Hal ini menunjukkan singapura kesejahteraan per orang per tahunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia


  • Didalam kendala perhitungan Pendapatan nasional, ada reability dan validity , Apa maksud tersebut?
Reabilitas ini maksudnya instrumen atau alat yang untuk digunakan (biasanya kuesioner, data dari masyarakat, sensus penduduk, dsb) untuk pengumpulan data ini mampu mengungkapkan nilai pendapatan nasional yang sebenarnya.
Validity maksudnya apakah alat yang digunakan tadi mampu mengungkapkan atau memberikan hasil yang tepat, akurat dan juga mempunyai kecermatan yang tinggi dalam menentukan nilai pendapatan nasional



  • Kenapa indeks harga dapat di artikan sebagai ukuran tingkat rata-rata dan jasa ?
Indeks harga itu adalah angka yang menunjukkan naik turunnya harga-harga barang dan jasa yang ada di perekonomian suatu negara, cara pengukurannya dengan menggunakan rata-rata tertimbang dari nilai barang-barang (harga x kauntitas).


  • Apakah dampak yang di timbulkan dari tingginya laju inflasi? Apakah berdampak sangat buruk pada pendapatan negara?
Laju inflasi tentunya akan berpengaruh terhadap nilai pendapatan nasional terutama pendapatan riil (GDP riil atau GNP riil), ketika inflasi tinggi maka pendapatan nasional secara nominal nilainya seolah-olah besar padahal besarnya nilai pendapatan atau produk nasional itu karena harganya yang naik, sehingga inflasi tinggi akan menurunkan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa (pendapatan per capita juga menjadi turun jika dihitung riil nya).

  • Apakah dampak pemdemi Covid 19 yang ada saat ini bisa menyebabkan inflasi dinegara kita? Karena banyak perusahaan yang harus melakukan lockdown demi mencegah penyebaran virus tersebut, jika iya, bagaimana cara mengatasinya? 
Apabila terjadi Lockdown akibat covid yang sedang melanda negara2 sangatlah berpengaruh terhadap inflasi karena produk yang dihasilkan menjadi turun akibat banyak perusahaan yang harus terpaksa menghentikan produksinya, sehingga produk nasional akan turun untuk periode covid ini sedangkan kebutuhan manusia tetap akan barang dan jasa malah akan meningkat untuk barang2 tertentu misalnya obat, masker, pelindung badan dsb, hal ini menyebabkan aggregate demand lebih besar dari aggregate supply sehingga berkecenderungan akan terjadi kenaikan harga di keseluruhan barang dan menyebabkan inflasi yang tinggi 

Cara mengatasinya : harus menormalkan lagi kondisi yang sedang terjadi (covid) dihilangkan, baru bisa menata kembali ekonomi yang terhenti melalui peran seluruh masyarakat (RTK, RTP, RTN, dn RTLN)

  • Aspek apa saja yang mempengaruhi lambatnya suatu ekonomi pada satu tahun tertentu di bandingkan pada tahun-tahun sebelumnya atau laju pertumbuhan ekonomi ?
Pertumbuhan ekonomi itu dihitung dari nilai produk nasionalnya dari tahun ke tahun, apakah mengalami kenaikan ataukah mengalami penurunan? aspek yang dinilainya adalah aspek yang dinilai dalam menentukan nilai produk nasionalnya seperti yang sudah dijelaskan pada PPT. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator ekonomi suatu negara, nilai pertumbuhan ekonomi tinggi menunjukkan hasil dari produk nasional negara tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya

Post a Comment

0 Comments