Upaya Mudah Pencegahan Covid-19

Wabah virus Corona yang terus menyebar di Indonesia membuat pemerintah memperpanjang status tanggap darurat hingga bulan Mei mendatang. Para dokter juga telah memberikan informasi mengenai gejala, cara penanganan, serta penanggulangan virus ini.

Upaya Mudah Pencegahan Covid-19, Corona, Virus Corona, Covid-19, Tetap di rumah


Menurut data yang diambil dari www.covid19.go.id, angka manusia yang terinfeksi virus ini di dunia mencapai 1 juta kasus, diikuti kasus kematian sebanyak 67 juta orang. Data tersebut diambil terakhir kali pada tanggal 8 April 2020. Hari ini mungkin jumlahnya lebih banyak lagi.

Seorang pasien yang diduga terkena virus corona diwajibkan melakukan isolasi terhadap dirinya sendiri. Mereka harus ditempatkan di ruang khusus isolasi atau di sebuah ruang tersendiri di dalam rumahnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus dari dalam diri pasien kepada orang lain.

Bagi Anda yang sehat juga harus selalu waspada dan berhati - hati dimanapun Anda berada. Lalu, bagaimana sebaiknya upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan covid-19?


Tetap di Rumah
Penanganan pertama yang wajib dilakukan adalah tetap berada di rumah. Hindari kerumunan dan diharapkan menerapkan social distancing

Hindari Transportasi Umum
Hindarilah bepergian jika tidak terlalu penting. Jika Anda terpaksa keluar rumah, misal untuk pergi belanja kebutuhan pokok, gunakanlah transportasi pribadi. Sebab, transportasi umum peluang penularan akan lebih besar.

Jaga Jarak dengan orang lain
Hindari komunikasi dan interaksi secara langsung dengan orang lain, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penularan. Jaga jarak minimal 1,5 meter dari lawan bicara.

Hindari Kontak dengan Hewan Peliharaan
Menghindari kontak dengan hewan peliharaan Anda. Jika harus merawat hewan peliharaan, sebelum dan setelah berinteraksi dengan hewan tersebut cucilah tangan dengan sabun.

Hubungi Dokter sebelum Mengunjungi
Jika Anda mengalami gejala covid-19, alangkah baiknya sebelum ke rumah sakit atau bertemu dokter, hubungi mereka terlebih dahulu dan berikan informasi bahwa Anda mengalami gejala virus Corona. Hal tersebut akan membuat petugas medis mempersiapkan diri agar tidak tertular.

Gunakan Masker
Selalu gunakan masker di sekitar orang lain dan saat keluar rumah. Cara ini juga bertujuan untuk mencegah penularan virus kepada orang lain atau pada diri sendiri. Penularan dapat melalui batuk atau bersin atau melalui air liur yang keluar saat Anda berbicara.

Tutup Mulut dan Hidung dengan Tisu saat Batuk atau Bersin
Ketika Anda bersin atau batuk, tutuplah hidung dan mulut Anda dengan tisu, kemudian segera buang tisu tersebut ke tempat sampah. Lalu segera mencuci tangan dengan sabun. Hindari penggunaan sapu tangan karena virus bisa menempel di sana dan bisa menyebar melalui penggunaan berikutnya.

Jangan Berbagi Benda
Hindari berbagi benda dengan orang lain atau anggota keluarga lainnya, seperti peralatan makan, handuk, tempat tidur, dan benda lainnya. Segera cuci bersih setiap barang yang telah Anda gunakan dengan menggunakan sabun.



Demikianlah cara yang harus dilakukan dalam upaya untuk pencegahan covid-19?. Jaga diri Anda dan keluarga dengan tetap menjaga kebersihan dan menjaga interaksi dengan mereka dan orang lain. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap mengikuti anjuran dari pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Post a Comment

0 Comments