Cara Meningkatkan Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah interaksi berupa verbal dan non verbal antara 2 orang atau lebih yang bergantung satu sama lain. Kemampuan interpersonal sangat penting bagi manusia yang ingin memiliki kehidupan atau pekerjaanyang sukses.

Cara Meningkatkan Komunikasi Interpersonal, Meningkatkan Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Interpersonal

Kemampuan interpersonal akan membantu seseorang dalam membangun interaksi yang baik dengan orang lain, seperti bertukar informasi, negosiasi, menyelesaikan masalah, dan menjalin kerja sama dengan tim atau kelompok.

Komunikasi yang baik dapat berupa komunikasi efektif dan mudah dipahami oleh orang lain. Kemampuan interpersonal dapat meningkatkan produktivitas kerja dan membuat orang berkesempatan mendapatkan karir yang lebih baik. Tidak hanya itu, seseorang yang mempunyai kemampuan interpersonal akan mempuyai banayak manfaat, antara lain:

Terciptanya kepercayaan orang terhadap diri kita

Apabila saya seorang pemimpin di perusahaan, keterampilan interpersonal yang terlatih dengan baik akan membuat lebih terbuka dengan para karyawan. Hal ini selanjutnya akan berdampak pada kenyamanan karyawan untuk bekerja di perusahaan.

Peluang yang Kerja Lebih Luas

Dengan kemampuan yang dimiliki, akan lebih mudah bagi petinggi perusahaan mempromosikan jabatan karyawannya.

Meningkatkan kesadaran sosial

Keterampilan interpersonal yang baik salah satunya dapat dilihat ketika menghadapi berbagai situasi sosial, misalnya menyelesaikan konflik dengan kepala dingin.

Memperluas relasi

Jika saya membuat kesan yang baik pada rekan kerja, saya dapat memperoleh lebih banyak peluang menarik di dalam organisasi dan bidang minat.

 

Apabila seseorang belum mempunyai kemampuan interpersonal, tentunya dapat dipelajari dengan banyak metode, seperti:

Berkomunikasi  yang baik dengan orang lain

komunikasi yang efektif dan baik mempermudah penyampaian permasalahan dan solusi.

Latih kemampuan mendengar

Merhatikan setiap perkataan yang orang lain keluarkan, hal ini akan membuat lawan bicara selalu merasa dihargai.

Bersikap percaya diri

Jangan ragu untuk bersuara Ketika mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapat didepan orang lain.

Amati orang-orang di sekitarmu

Amati dan bersikaplah sesuai dengan lawan bicara, agar lawan bicara nyaman dengan kita

Post a Comment

0 Comments