Alasan Kamu Harus Kuliah di Telkom University


Alasan Kamu Harus Kuliah di Telkom University, Telkom University

Perkenalkan nama saya Mohamad Nur Faizi, mahasiswa Telkom University jurusan S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika. Disini saya akan sharing pengalaman saya ketika akan mencari Perguruan Tinggi. Oke langsung saja simak dengan baik....


 Ketatnya persaingan dalam masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta membuat saya harus lebih meningkatkan kualitas belajar pada diri saya, mulai dari duduk di bangku kelas 10 SMA Negeri 2 Brebes sebisa mungkin saya harus memaksimalkan belajar, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan maksimal. Apalagi setelah beranjak ke kelas 11 dalam pikiran teman – teman saya hanya ujian, ujian, ujian… Tidak seperti dalam benak diriku, sering mengikuti kegiatan yang dapat melatih softskill sembari menyeimbangkan waktu dengan belajar, menginjak bulan September 2018, saya coba - coba mencari informasi tentang rencana saya setelah lulus dari SMA. Googling mengenai pendaftaran mahasiswa baru, dan kemudian saya menemukan informasi pendaftaran mahasiswa Telkom University, yaitu jalur prestasi akademik 1 atau biasa dikenal dengan JPA 1. Setelah saya baca dengan seksama dan menelusuri informasi jejak Telkom University dari mulai lokasi, fakultas, program studi, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah akreditasinya.


Telkom University sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), yang membuat saya tertarik ingin mendaftar di Perguruan Tinggi tersebut. Sebelum saya akan melakukan pendaftaran tentunya saya juga harus memikirkan program studi apa yang harus saya pilih, kemudian langsung aku galih seputar tentang program studi favorit di Telkom University yang sesuai dengan bakat dan minat saya. Menurut saya sendiri, bakat dan minat saya ada di bidang  ekonomi. Setelah sudah saya galih lebih dalam, saya menemukan informasi tentang program studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika atau biasa disebut dengan MBTI, yang dimana MBTI adalah salah satu program studi favorit di Telkom University

Pada program studi ini mahasiswa dipaksa untuk mempunya sifat Inisiatif dan Kreatif dalam memecahkan masalah. Bidang yang dipelajari pada jurusan ini juga tidak hanya fokus ke satu hal saja, 5 fungsi bisnis (Akuntansi, Keuangan, Manajemen Operasi, Sumber daya manusia dan ICT) akan dipelajari di sini. Tidak hanya itu, program studi ini juga memiliki prospek kerja yang bagus, diantaranya seperti manajer, HRD, marketing, ataupun mendirikan usaha sendiri.

Dari yang saya sebutkan tadi, saya tertarik pada program studi ini dan menurut saya MBTI sesuai dengan bakat dan minat saya. Maka dari itu saya mencoba mendaftar JPA 1 Telkom University melalui website smb.telkomuniversity.ac.id, prosedur pendaftarannya mulai dari membuat akun pendaftaran, mengisi biodata diri, melakukan pembelian PIN dan sampai di pengisian pilihan program studi. Saya isi program studi MBTI pada pilihan pertama dan 4 program studi lainnya. Kemudia saya juga harus mengupload berkas persyaratan dan mencetak kartu peserta. Setelah semua beres, saya tinggal menunggu pengumuman seleksi pendaftaran.

Pada saatnya hari dimana pengumuman kelulusan tiba, saya membuka website smb.telkomuniversity.ac.id untuk melihat pengumuman kelulusan, Alhamdulillah saya lolos seleksi. Usaha dan doaku dikabulkan oleh Allah SWT. Dari pengumuman itu membuat saya tenang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi jika saya lulus dari SMA nanti.

Hari berlalu begitu cepat, ujian - ujian dihadapiku dengan serius, apapun hasilnya itu adalah kerja keras dan keringatku selama ini. Menunggu pengumuman ujian nasional, tidak ada hentinya saya bersyukur. Saya dan teman - teman satu sekolah dinyatakan lulus.

Hari - hari kosong menghampiriku, sebisa mungkin saya isi dengan hal - hal yang positif sembari menunggu check in asrama Telkom University, kenapa asrama? Karena di Telkom University diwajibkan asrama selama 2 semester bagi mahasiswa baru. Sekia lama menunggu, akhirnya saya berangkat check in asrama pada tanggal 29 Juli 2019. Inilah awal baru dalam perjalanan hidupku dan tentunya akan bertemu masalah baru. Ada beberapa hal yang ada di dalam pikiran saya tentang bagaimana belajar mandiri, disiplin, serta mengatur keuangan sendiri. Karena saya berasal dari keluarga sederhana yang sedang menuntut ilmu di kota besar seperti Bandung, sebisa mungkin saya harus mengatur keuangan sehemat mungkin.

Tujuan saya kuliah di Telkom University bukan karena saya tidak diterima di perguruan tinggi negeri, tetapi saya karena keinginan dan kemauan dari saya, dan tanpa paksaan dari orang tua. Telkom University adalah perguruan tinggi yang berbasis ICT, itulah salah satu hal yang saya perlukan dalam menghadapi era globalisasi. Saya merasa diri saya masih sangat kurang bekal. Untuk itu saya ingin memenuhi bekal saya dengan belajar di Telkom University.

Saya punya mimpi yang harus saya wujudkan. Masuk Telkom University merupakan cara untuk mewujudkan mimpi saya. Jika mimpi itu terkabul, saya dapat membuat bangga diri sendiri, orang tua, dan dapat bermanfaat bagi orang lain.


Post a Comment

0 Comments