PT Unilever Indonesia Tbk
Logo PT Unilever Indonesia Tbk |
Tentang Unilever
Sejak didirikan pada tanggal 5 Desember
1933, Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan Fast
Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Indonesia. Kami telah menemani
masyarakat Indonesia melalui produk dari berbagai kategori, seperti Pepsodent,
Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight,
Wall’s, Royco, Bango, dan masih banyak lagi.
Brand PT Unilever Indonesia Tbk |
Saat ini, Unilever Indonesia memiliki
44 brand dan juga sembilan pabrik yang bertempat di area industri
Jababeka- Cikarang, Rungkut-Surabaya, dan kantor pusat di Tangerang. Kesembilan
pabrik kami, serta produk-produk yang dihasilkan dari sembilan pabrik tersebut
telah mendapatkan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kami memiliki
1.000 stock keeping unit (SKU) yang dipasarkan melalui lebih dari 800
jaringan distributor independen yang menjangkau ratusan ribu toko di seluruh
Indonesia.
Chief Executive Officer (Alan Jope)
CEO PT Unilever Indonesia Tbk |
Alan Jope ditunjuk sebagai Chief Executive
Office Unilever pada bulan Januari 2019 dan akan diajukan untuk menjawab posisi
Executive Director pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di bulan May
Dalam suatu perusahaan diperlukan adanya kegiatan-kegiatan manajemen yang baik
dan terarah. Salah satu fungsi manajemen itu adalah pengorganisasian, yaitu
suatu proses penentuan dan pengelompokan peraturan dan macam-macam aktivitas
yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada tanggung
jawab masing-masing bagian sehingga mempermudah pimpinan untuk mengadakan
pengawasan dan meminta tanggung jawab atas tugas yang telah dibebankan pada
masing-masing bagian, menetapkan wewenang secara langsung didelegasikan kepada
setiap individu yang akan melakukan aktivitas.
Struktur Organisasi PT Unilever Indonesia Tbk |
Pada bagan Pembagian struktur organisasi PT
Unilever Indonesia di atas , dapat diketahui bahwa Pembagiannya berdasarkan
pada product yang dihasilkan oleh masing masing divisi , dan juga dibagi
berdasarkan fungtionalnya , berikut adalah perinciannya
Pembagian pertama adalah berdasarkan pada
product yang dihasilkan:
Director Food
orang yang mengatur segala kegiatan
berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever
Director Ice Cream
orang yang mengatur segala kegiatan
berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever
Pembagian kedua adalah berdasarkan
functionalnya:
Chief financial officer adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan
dengansemua keuangan yang ada pada Unilever.
Home dan personal care adalah bekerja mengurusi semua yang ada di dalam
perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian.
Supplaychain adalah bagian untuk Mengatasi permasalahan bahan baku (suply
chain)
Customer development adalah bagian untuk mengurusi tentang masalah customer,
merangkul customer sebanyak banyak nya.
Human Resources dan corporate relation adalah bagian untuk human resource dan
hubungan antar perusahaan atau yang bekerjasama dengan perusahaan.
Dapat dilihat pada gambar bagan struktur
organisasi di atas, bahwa setiap pembagian director mempunyai sub divisi yang
berada di bawahnya. Contohnya director home dan personal care mempunyai sub
divisi yaitu comercial HPC danMarketing HPC , setiap kegiatan yang dilakukan
oleh dua divisi yang ada di bawah director , akan ada dibawah pengawasan
director, begitupula pada marketing HPC adahome care dan personal care , home
care dan personal care akan berada di bawah pengawasan marketing HPC sehingga
segala pngaduan kerja harus melalui marketing HPC dan tidak boleh langsung ke
director.
Walaupun demikian, karena Unilever adalah
learning organitation, maka sharing antar divisi boleh dilakukan, tidak
mengenal struktur organisasi. Akan tetapi permasalahan interen di dalam divisi
ini harus diselesaikan per divisi secara urutan struktur organisasi.
0 Comments