Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa

Dampak Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa - Dunia tengah dihadapkan pada situasi sulit yang mengharuskan semua orang berhati - hati dalam menjalannkan aktivitasnya. Situasi tersebut dikarenakan munculnya pandemi covid 19.

Pandemi COVID-19 , juga dikenal sebagai pandemi coronavirus , adalah pandemi penyakit coronavirus yang sedang berlangsung pada tahun 2019 (COVID-19) yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut akut coronavirus 2 (SARS-CoV 2). Wabah ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan , Cina, pada awal Desember 2019. Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan wabah itu Kesehatan Masyarakat Darurat dari Kepedulian Internasional pada 30 Januari, dan pandemi pada 11 Maret. Pada 12 Mei 2020, lebih dari 4,17 juta kasus COVID-19 telah dilaporkan di lebih dari 187 negara dan wilayah , yang mengakibatkan lebih dari 286.000 kematian . Lebih dari 1,45 juta orang telah pulih. Sumber : wikipedia.org

Pandemi ini benar - benar menghambat aktivitas masyarakat dalam berbagai sektor, mulai dari ekonomi, agama, sampai sektor pendidikan.

Bagaimana tidak para pekerja mulai kehilangan pendapatannya. Bahkan sampai ada pekerja yang di PHK. Tidak hanya itu, pemerintah pun menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi yang digantikan dengan Study From Home (SFH) atau belajar dari rumah.


Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa, Belajar di rumah, study from home



Banyak keluh kesah para pelajar terutama mahasiswa karena adanya pandemi tersebut. Ada beberapa dampak pandemi covid 19 bagi mahasiswa, seperti :


Perkualiahan Daring
Sudah saya singgung sedikit diatas, bahwa seluruh mahasiswa di Indonesia harus melaksanakan Study From Home (SFH) melalaui perkuliahan daring. Tidak heran banyak mahasiswa yang mengeluhkan perkuliahan daring ini. Yap tidak semua daerah di Indonesia memiliki jaringan internet yang memadai.

Banyak usaha yang dilakukan oleh mahasiwa demi untuk mengikuti perkuiahan daring.



Sulit Membayar Biaya Kuliah
Sulit mendapatkan penghasilan, terutama para orang tua mereka, membuat mahasiswa dilema untuk memenuhi biaya perkuliahan. Dalam hal ini tentunya para mahasiswa tidak habis akal, berbagai cara dilakukannya, seperti dengan memohon kepada pihak kampus untuk memberikan bantuan subsidi kuota internet, pemotongan biaya kuliah, sampai menuntut cashback biaya kuliah yang dirasa perkuliahan daring tersebut membuat kampus tidak mengeluarkan biaya operasional. Jadi dengan menuntut cashback biaya kuliah kepada pihak kampus menjadi solusi terbaik dikarenakan kedua pihat tidak ada yang dirugikan.

Materi perkulaihan sulit untuk dipahami
Efek negatif dari adanya perkuliahan daring adalah mahasiswa sulit dalam memahami materi, karena interaksi dengan dosen sangat terbatas tidak seperti di kelas. Terkadang dosen juga lebih banyak memberikan tugas dibanding menjelaskan materi kepada mahasiswanya. Alih - alih karena masalah tersebut, mahasisewa pun akhirnya curhat kepada Pak Nadiem Makarim selaku Menter Pendidikan.

Memang tidak mudah bagi mahasiswa dalam keadaan seperti ini untuk melaksanakan kegiatab perkuliahan secara efektif. Bagaimanapun juga sebagai mahasiswa harus tetap berusahan melakukan yang terbaik.


Mungkin itu saja artikel mengenai Dampak Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa. Semoga pandemi ini cepat hilang dari muka bumi.

Tetap jaga kebersihan, jauhi kerumunan, dan melakukan physical distancing guna memutus ranta penyebaran virus corona.

Post a Comment

0 Comments